Sabtu, 19 Desember 2009

PENGERTIAN HACKER

Kata "Hacker" mempunyai sejarah yang unik, kata Hacker bahkan pernah diartikan dengan positif, bahkan pernah terjadi perang hacker diseluruh dunia, korbanpun berjatuhan, mau tau seperti apa sejarah Hacker? silahkan baca postingan saya dibawah ini.

Awal tahun 1960
Pada tahun ini komputer masih dalam ukuran raksasa, tersimpan pada ruangan tertutup berpendingin dan hanya lembaga-lembaga milik negara saja yang memilikinya.Pada era 60-an pengertian Hacker sangat positif, orang yang disebut Hacker adalah orang yang mempunyai kemampuan programing yang tinggi dan bisa menghack sebuah program supaya bisa berjalan lebih dari spesifikasi yang dimilikinya. Salah satu program karya Hacker era 60-an yang masih disegani hingga saat ini adalah Sistem operasi UNIX. Duo yang membidani OS ini adalah Dennis Ritchie dan Ken Thompson.

Awal tahun 1970.
Pada tahun ini terkenal dengan istilah phreaks, yaitu Hacker yang bisa menerobos saluran telepon untuk mendapatkan akses melepon jarak jauh secara gratis. Dimulai oleh John Drapper, ia menemukan bahwa peluit hadiah makanan sereal Cap’n Crunch dapat menghasilkan nada tepat 2600 megahertz.Hanya dengan meniupkan peluit ini pada receiver telepon maka akses telepon jarak jauh pada jaringan komunikasi AT&T akan terbuka. Steve Jobs dan Steve Wozniak membuat perlengkapan menghack telepon yang dinamai dengan “Blue boxes”. Dua orang ini nantinya adalah pendiri Apple Inc.

Tahun 1980-1991.
IBM meluncurkan komputer “stand-alone” lengkap dengan CPU,memory dan software pada tahun 1981. Tahun 1983 muncul film yang mengungkap kehidupan hacker yang berjudul War Games.Film ini menunjukan kepada masyarakat Amerika akan bahaya hacker yang dapat menerobos semua sistem komputer.Selama periode ini, jaringan milik departemen pertahanan Amerika ARPANET lambat laun mulai berubah menjadi Internet. Pada era ini lahir Dua grup hacker besar, yaitu Legion of Doom yang bertempat di Amerika dan Chaos Computer Club di Jerman. Pada era ini juga terjadi perang Hacker yang hebat, kedua grup tersebut saling berlomba untuk merusak semua sistem komputer, internet dan telepon.

Tahun 1986-1994.
Karena semakin meningkatnya serangan-serangan para hacker maka pada tahun 1986 kongres Amerika mengeluarkan Undang-undang mengenai kejahatan komputer.Pada era ini dibentuk Computer Emergency Response Team (CERT) yang menyelidiki serangan-serangan lewat internet. Orang yang menjadi korban pertama karena melanggar undang-undang mengenai kejahatan komputer adalah Robert Morris, ia mengaku tidak sengaja melepaskan worm ke internet. Worm hasil pekerjaan tanggan Robert Morris telah melumpuhkan 6000 komputer. Sebagai hukumannya ia dituntut 10.000 USD. Pada tahun yang sama terdapat seorang hacker lain bernama Kevin Mitnick yang menerobos jaringan milik perusahaan Digital Equipment Company dan mencuri beberapa software. Ia dihukum 1 tahun penjara. setelah lepas dari hukumannya Kevin Mitnick tidak juga jera, ia mengulangi perbuatannnya dengan mencuri 20.000 data kartu kredit dan berhasil ditangkap pada tahun 1995 karena bantuan seorang hacker bernama Tsutomu Shimomura.Operasi Sundevil yang di luncurkan oleh pemerintah Amerika tidak berhasil menggulung grup hacker Legion of Doom, namun mereka berhasil menangkap beberapa anggota grup hacker Master of Deception.

Tahun 1994-1998.
Tahun 1994 seorang hacker Rusia bernama Vladimir Levin berhasil membobol komputer milik Citibank dan melakukan transfer uang dari account pelanggan yang mencapai total 10 juta USD. Citibank berhasil mengumpulkan kembali sebagian besar uang tersebut.Pada era ini hacker semakin berani dalam melakukan serangannya.Situs pemerintah Amerika seperti departemen kehakiman, angkatan udara, CIA, NASA dll pernah menjadi korban.Para hacker mengumumkan bahwa mereka berhasil menerobos masuk kedalam jaringan komputer Pentagon dan mengancam akan menjual software satelit militer yang telah dicuri kepada teroris.

Tahun 1999 sampai sekarang
Pada tahun 2000 peristiwa kerusakan komputer massal pada tahun 2000 pukul 00.00 atau lebih dikenal sebagai Y2K semakin besar pula. Pada bulan Febuari tahun 2000 masyarakat internet dikejutkan dengan terjadinya serangan “denial of service” (DoS) terhadap beberapa situs seperti CNN, Yahoo dan E-Bay. DoS adalah serangan seorang hacker yang membuat seolah-olah jutaan surfer mengakses secara bersamaan suatu situs. Server yang “kebingungan” melayani jutaan surfer fiktif ini akan kolaps alias crash. Pada tahun yang sama tepatnya bulan Mei muncul virus I Love You yang turut menandai dimulainya era Worm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar